Jemaah Calon Haji Embarkasi Balikpapan Kloter 1, Paling Tua Berusia 92 Tahun

- Muslim
  • Bagikan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung

HERALDKALTIM.ID, BALIKPAPAN – Sebanyak 299 calon jemaah haji kloter 1 Embarkasi Balikpapan bakal berangkat. Hari ini sudah masuk ke Asrama Haji Batakan sebelum diberangkatkan ke tanah suci pada malam hari lewat Bandara SAMS Sepinggan.

Para calon jemaah haji tersebut dilepas oleh Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Balikpapan Islamic Center (BIC), Kamis 25 Mei 2023 pukul 14.00 Wita.

“Hari ini dilepas oleh Pak Wali untuk berangkat masuk ke asrama. Sebanyak 299 jamaah yang akan diberangkatkan kloter pertama,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung, Kamis 15 Mei 2023.

Menurut Johan, 299 calon jemaah yang masuk ke Asrama Haji Batakan tersebut termasuk petugas haji dan petugas kesehatan.

Total calon jamaah haji asal Kota Balikpapan yang akan diberangkatkan pada tahun ini tercatat mencapai 531 orang, yang terbagi dalam lima kelompok keberangkatan (kloter).

“Untuk tahun ini dari semua kloter yang ada khusus jamaah dari kota Balikpapan tercatat mencapai 531 orang, yang terbagi dalam 5 kuota kalau yang satu ini utuh yang sisanya nanti terbagi,” ucapnya.

Sesuai jadwal sebanyak 299 calon jemaah tersebut akan diberangkatkan ke tanah suci pada Jumat, 26 Mei 2023, pukul 19.00 WITA.

“Setelah masuk asrama, besok insya Allah akan diterbangkan dengan menggunakan pesawat Garuda, 7 malam,” terangnya.

Untuk tahun ini, dari 299 calon jemaah haji asal Kota Balikpapan yang diberangkatkan 101 orang merupakan lansia dan disabilitas. 18 orang dantaranya menggunakan kursi roda

“Kita ada calon jemaah kita yang 92 tahun. Karena pada tahun ini kita, juga fokus kepada lansia jumlah tersebut khusus untuk kloter kita, dan ada 1 jemaah yang berusia 92 tahun,” tuturnya. (oky)

  • Bagikan